Senin, 22 April 2013

a new "family"

ah udah lama ga nulis. tulisan terakhir gue tertanggal 14 Januari 2013. sudah 3 bulan lebih rupanya. yah, gue tidak sempat menulis karena banyaknya kerjaan, Tugas Akhir salah satunya, biarpun baru mulai intensif beberapa minggu terakhir ini sih. tapi gue gak pengen bahas itu, nanti aja bahasnya bulan Juli, setelah wisuda (amin!). jadi, apa yang pengen gue bahas?

pada tulisan kali ini gue ingin menuliskan tentang 3 manusia. nah manusia - manusia ini sama seperti manusia lainnya. ada yang pendek, ada yang tinggi. ada yang cowo, ada yang cewe. lantas, apa spesialnya mereka sampai gue tuliskan di sini?

sedikit flash back sebentar. jadi kira2 bulan november itu gue dihubungin sama adik kelas gue, di elektro ITB, yang anak CC juga, namanya Michael. nah, si Michael ini kebetulan menjabat sebagai Ketua Syukuran Natalan KMK buat tahun 2013 ini. (karena natal itu di akhir tahun, yang mana liburan, jadi syukurannya biasa dibuat di bulan januari atau februari di tahun setelahnya). nah si Michael ini minta tolong gue buat bantuin jadi pemusik di acara natalan ini. jadi di acara natalan kali ini ada Charity Concert, yang hasilnya bakal disumbangin ke panti asuhan. gue pun menerima tawaran itu. di satu sisi karena gue emang hobi main musik, tapi di sisi yang lain gue pengen membantu KMK lah biarpun gue sudah di tahun terakhir di ITB.

latihan baru dimulai kalo nggak salah itu sekitar bulan desember agak akhir, setelah UAS. itu pun hanya beberapa kali. gue mulai kenal beberapa anak KMK angkatan 2011 dan 2012 yang sedang aktif2nya saat itu. ada yang main biola, main keyboard, ada juga yang main flute dan saxophone dan trombon. awalnya sih gue lupa - lupa mlulu nama mereka. hahaha... tapi sejak januari, kita mulai sadar hari tampil udah ga lama dan latihan pun mulai intensif. nah, sejak itu lah gue jadi hafal satu per satu muka dan nama mereka. tapi sampe sekarang pun gue masih ada yang lupa namanya, terutama pemain strings karena gue mainnya flute dan banyak berinteraksi sama pemain woodwind. (maaf ya pemain strings). tapi, ada 3 manusia yang paling gue ingat dari yang lainnya. nih penampakannya. foto ini diambil saat setelah charity concert tersebut, yang mana diadakan pada bulan Februari kemarin.


nah, gue kenalin 1-1 ya. mulai dari yang paling kiri itu namanya Arnold Giovanni. sebenernya, gue udah tau manusia yang satu ini dari sejak sebelum doi masuk ITB. jadi ceritanya waktu SMA gue ikut grup musik tiup di SMA gue, dan waktu Juli 2012 gitu mereka ada acara. dan karena pada saat itu gue kebetulan lagi di Jakarta, jadi gue pun ikut main sama mereka. waktu ngobrol - ngobrol sama adik kelas yang gue kenal, disebut - sebut nih si arnold. dia main trombone-nya jago, anak TYO (Twilite Youth Orchestra) dan katanya mau masuk ITB. nah jadi lah gue udah nginget doi. tadinya gue kira anak TYO bakal agak sombong atau gimana, tapi ternyata gue salah. setelah gue kenal doi, trnyata doi orgnya baik dan sabar banget. kaget gue kok ni bocah baek bener (walaupun tampangnya tua). hahaha... dia salah satu orang tersabar yang pernah gue temuin. yah, sesama anak CC ternyata ttp asik juga biarpun umur kita beda jauh. dan sama lah, anak CC omongan dan "mainan"nya itu-itu juga. (buat yang ngga ngerti, maaf ya. hal ini ga layak ditulis di tempat umum). oh iya, dia dipanggil papski (plesetan papi) sama kedua manusia lainnya. karena selain pilihan lagunya yang dari jaman lawas (sering dia setel kalo di mobil dia), Earth Wind and Fire, Celine Dion, gitu - gitu lah lagu di mobil dia. dia juga punya karakter seperti papi2 (konon kata 2 manusia tersebut).

nah lanjut ke sebelah kanannya. sebelah kanannya si Arnold ini namanya Tania Ananta Hidayat, tapi seringnya dipanggil Tansat. kok Tansat? itu singkatan dari Tania satu. kok ada satunya? nanti juga tau kenapa. nah dia nih juga udah main musik dari SMA. dia SMA di SMA Santa Ursula BSD tapi dulu mainnya trompet. trus kok di foto pegangnya saxophone? jadi awalnya dia ngeles saxophone dulu, tapi waktu di SMA main di orkes SMAnya trompet. jadi, main saxophonenya jago, main trompetnya juga! dia orangnya unik menurut gue. jadi lucunya, kalo ketemu di kampus mau latian orkes gitu biasanya muka dia selalu yang muka bantal (baca : muka ngantuk) gitu. tapi giliran udah di kosan, bisa ga tidur sampe pagi dan bahkan sering ga tidur kalo bsknya kuliah pagi. yang gue salut juga, bisa gitu dia gak tidur seharian tapi besoknya kuliah. dia kuliah di fakultas FSRD (seni rupa) dan pengen masuk DKV. kalau gue bilang sih hampir pasti masuk, IPnya smester 1 tinggi banget! termasuk manusia yang pinter dan rajin. oh iya, waktu konser ini juga tiba-tiba dia kangen pingin main trompet (dan waktu itu pmain trompetnya gue), jadi lah kita tukeran alat waktu di suatu lagu, gue main saxophone, dia main trompet. untung ada dia, lagu itu gue juga ga bisa main trompetnya, susah. haha... dan satu kehebatan si Tansat ini adalah : makan. kalo lagi makan, itu perut kayak ga bisa penuh. bahkan sekali waktu gue lagi makan nasi goreng porsi kuli, dia juga makan hal yang sama. lagi kekenyangan gitu kan, hampir ga abis, tiba-tiba dia di depan gue ngomong dengan sinis "lemah". gue pun setengah ga terima dan berusaha sekuat tenaga menghabiskan makanan gue. akhirnya abis sih, walaupun dengan jerih payah. haha... tapi hebatnya, ni anak kaga gendut - gendut padahal makan segitu banyak. tetep aja badannya segitu-gitu aja... ah iya, dia juga orangnya baik dan perhatian gitu. pernah beberapa kali gue keselek dan batuk ga brenti - brenti, dia pun ngusap - ngusap punggung gue. dan manusia satu ini orangnya super geli-an! leher dan pinggang oke lah orang geli, tapi lutut, kaki, bahkan sampe siku dan lengan pun dia gelian. makanya gue agak seneng kelitikin dia. (maaf ya tan, haha). si Tansat ini juga orang yang sangat amat super anti makanan pedas! kalo ada pedes dikit aja dia langsung ga suka. hahaha... dia suka banget sama Stitchnya Lilo & Stitch. di tasnya ada gantungan kunci Stitch, dia juga punya USB bentuknya Stitch walaupun skr udah rusak sepertinya. nah yang agak rese nih dari si Tansat, kalo dia lagi down ato sedih gitu, susah banget nyemangatinnya. gue udah keluarin segala macem emoticon, kata - kata yang bikin semangat, tetep aja ga semangat - semangat. melankolis kali ya? soalnya gue juga sebenernya sdikit kayak gitu.

kayaknya cukup tentang si Tansat, lanjut ke sebelah kanannya lagi. nah manusia yang kecil satu ini namanya Tania Andini. mulai ngerti kenapa yang di atas dipanggil Tansat? karena yang di atas satu, yang ini kedua. kalo gak salah sih angkanya muncul karena mereka mengganggap mereka saudara kembar yang terpisah, tapi sayangnya yang Tansat lebih tua, lahir tanggal 1 Juli, kalo si Tania yang ini 14 Juli. nah, karena dipanggil Tandu gak enak, jadi gue manggil dia Tancil (Tania kecil) karena dia lebih kecil dari Tansat. Tancil ini sama kayak Tansat, fakultasnya FSRD juga dan pengen masuk DKV juga. tapi sayangnya, dia tidak dikaruniai keenceran otak seperti Tansat. tapi kalo menurut gue sih itu gak masalah, karena menurut gue orang yang biasa - biasa aja kepintarannya, selama dia rajin pasti bisa ngejer orang yang pinter. dan menurut gue si Tancil ini orangnya rajin banget. dan gue pribadi beranggapan (dan mendoakan) supaya dia bisa masuk DKV bareng - bareng Tansat. soalnya masuk DKV itu persaingannya lumayan ketat juga. dia juga kurang beruntung kemarin karena abis konser, dia kena tifus dan harus diopname di RS. jadi lah dia ketinggalan banyak tugas dan ujian. tapi hebatnya, dia sekarang udah hampir mengejar ketinggalannya itu. dia juga aktif di ospek jurusan, jadi performer buat wisudaannya SR udah 2 kali. padahal perform wisudaannya SR itu paling berat latiannya walaupun emang biasanya paling bagus satu kampus. dia juga bilang ke gue waktu latian itu sampe ga tidur beberapa hari buat latian perform wisudaan itu. nah seperti yang terlihat di foto, si Tancil ini main flute, bareng gue. gue akui sih, mainnya jago, sama kayak gue lah kurang lebih atau malah lebih jago dari gue. dan yang terlihat di foto juga, dia paling pendek dari kita ber4. tapi dia ini orang dengan hati yang sangat besar loh. dia bisa nerima ketertinggalan dia waktu dia diopname dan terus ngejer, sampe - sampe begadang tiap hari dan pas ketemu gue kantong matanya itu udah super tebel. salut sih gue sama dia. nah kalo soal makan pedes, dia kebalikan banget sama si Tansat, makan pedesnya kuat banget! soal porsi makannya sih... ga gitu beda jauh, tapi dia masih kalah sama Tansat. nah kalo si Tansat sukanya Stitch, dia sukanya Spongebob Squarepants! seneng banget sama karakter itu. kalo dia lagi sedih, gue seneng nyemangatin dia. soalnya cepet pasti langsung semangat lagi.

gue senang bisa ketemu dan sering pergi bareng mereka waktu masa - masa abis konser itu. kita sering pegi sampe malem - malem, nongkrong - nongkrong di kosan gue, nonton film bareng. si Tancil sama Tansat suka banget sama guling dan kasur gue. haha... waktu si Tancil sakit, sebelum sempet diopname gue pun minjemin guling gue ke dia, biar cepet sembuh. jd waktu itu gue lagi pegi sama temen - temen gue, dan akhirnya temen - temen gue pada minum - minum di kosan gue malem - malem. tapi karena gue mau jenguk si Tancil, gue pun meninggalkan mereka di kosan gue waktu dijemput sama Arnold dan Tansat.

oh iya, karena tadi si Arnold dipanggil papski, dan kedua Tania ini menjadi anak, gue pun kebagian dipanggil mamski (plesetan mami) sama mereka. alesannya sih katanya karena si Arnold udah jadi papi, jadi lah gue jadi maminya. sbenernya gue sih jujur agak risih dipanggil gitu, ya mami kan cewe, gue cowo. tapi ya asal mereka seneng, gue sih juga seneng.

yah, paling untuk sekarang ini segitu dulu ceritanya. gue sih bersyukur banget bisa ketemu mereka ber3. seperti yang gue tulis di judul, gue dapet keluarga baru. gue sangat berterima kasih sama Tuhan karena di semester terakhir gue di ITB, gue masih boleh merasakan senang seperti ini. mungkin lebai kalo gue bilang gue gamau kehilangan mereka ber3, tapi seperti itu lah kenyataannya. sejak ada mereka ber3, gue ga pernah kesepian lagi kayak dulu. selalu bisa pergi sama mereka sebelum gue merasa kesepian. semoga kita bisa terus seperti ini, walaupun gue udah lulus nanti dan ga lagi tinggal di Bandung.

side story : di sebuah sore hari yang hujan, kita ber4 lagi latihan untuk konser. kemudian gue lagi terkantuk-kantuk karena suasana yang mendukung. dan si Tansat dan Tancil pun sedang bosan karena lagu yang dimainkan tak kunjung tiba. dan mereka pun mengambil "senjata - senjata" mereka dan mengambil partitur gue. gue pun dengan pasrah tak berdaya membiarkan mereka. tapi entah kenapa gue senang, baca partiturnya pun (biarpun udah crowded sama gambar mereka) jadi lebih asik. terima kasih Tansat dan Tancil. dan berikut ini adalah karya mereka berdua.

(klik gambar untuk memperbesar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar